Home Geologi Pengertian Geologi adalah: Definisi, Sejarah dan Manfaat

Pengertian Geologi adalah: Definisi, Sejarah dan Manfaat

59
0
Pengertian Geologi
geogeneralsinhawaii.wordpress.com

Pengertian geologi adalah suatu hal yang selalu berhubungan dengan bumi dan juga seisinya. Ilmu ini biasanya mempelajari tentang bumi itu sendiri, komposisi dari bumi, struktur, dan juga sejarah dari bumi itu sendiri. Geolog merupakan sebutan untuk orang yang mempelajari ilmu geologi itu sendiri. Dapat dikatakan bahwa geologi merupakan ilmu yang mempelajari bumi dan juga seisinya.

Jean Andre Deluc merupakan orang pertama kali yang menggunakan kata geologi pada tahun 1778. Pada tahun 1779 Horace Benedict de Saussure menetapkan geologi menjadi kata baku untuk digunakan. Bahkan umur bumi yang berkisar sekitar empat setengah miliar tahun ini dapat diketahui berkat bantuan dari ilmu geologi. Dibawah ini akan dijelaskan apa saja yang berhubungan dengan ilmu geologi.

Sejarah Ilmu Geologi

Pengetahuan mengenai kandungan mineral didalam bumi dan juga bencana alam sudah dikenal oleh bangsa Yunani. Sejak 2300 tahun lalu bangsa Yunani sudah banyak menuliskan tentang fosil, dan juga gempa bumi. Aristoteles sebagai seorang filsuf Yunani telah menjelaskan tentang pembentukan bebatuan bumi. Aristoteles menjelaskan bahwa bebatuan itu terbentuk dari ledakan yang terjadi di perut bumi.

Pada abad ke 17 sampai dengan 18 terdapat doktrin yang disebut dengan catastrophis. Doktrin catastrophis ini menjelaskan bahwa bumi ini terbentuk akibat dari bencana yang sangat besar. Kemudian pada akhir abad 18 terbitlah sebuah buku yang diterbitkan oleh James Hutton. Buku tersebut berjudul Theory of The Earth di dalam buku tersebut memperkenalkan konsep dasar.

Konsep dasar yang diperkenalkan dalam buku tersebut disebut dengan uniformitarianisme. Uniformitarisme merupakan hukum tentang fisika, kimia, dan juga biologi yang sudah terjadi maupun yang sedang terjadi sekarang. Dapat disimpulkan bahwa peristiwa pembentukan bumi yang terjadi pada jaman dulu juga terjadi di zaman sekarang.

Gambaran Umum Mengenai Geologi

Pengertian geologi merupakan kata yang diambil dari gabungan kata geos yang memiliki arti bumi dan logos mempunyai arti ilmu. Kedua kata tersebut di ambil dari bahasa Yunani. Apabila dijabarkan maka ilmu geologi itu merupakan kata yang mempelajari tentang semua yang berhubungan dengan kata bumi. Bahkan ilmu geologi ini juga mempelajari tentang pembentukan bumi dari dahulu sampai dengan sekarang.

Geologist merupakan sebutan yang disematkan kepada seseorang yang ahli dibidang geologi. Tugas dari seorang geologist adalah mengungkap berbagai misteri yang berhubungan dengan bumi. Terkadang mereka juga memecahkan misteri yang belum terpecahkan sampai sekarang. Bahkan struktur pembentuk bumi juga dipelajari oleh seorang geologist.

Ahli geologi juga selalu memperkirakan bagaimana cara untuk mencegah bencana supaya bisa terhindar dari kerusakan yang parah. Selain itu seorang ahli geologi juga mempelajari berbagai macam bencana alam. Ilmu geologi ini bisa juga digunakan untuk mencari bahan tambang yang terkandung di dalam perut bumi. Ilmu ini dapat digunakan untuk mengetahui lokasi bahan tambang yang diinginkan.

Jenis Geologi

Pengertian geologi itu sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu geologi yang mempelajari sifat fisik dan juga membahas tentang sifat dinamika bumi. Berikut penjelasan mengenai kedua sifat tersebut.

Geologi yang mempelajari sifat fisik merupakan ilmu untuk mengetahui berbagai macam sifat fisik dari bumi itu sendiri. Salah sifat fisik yang dipelajari adalah susunan yang membentuk bumi, dan juga komposisi materi yang membentuk bumi. Bahkan proses pelapukan dan juga proses pengikisan yang terjadi dibumi juga akan dipelajari. Semua yang melapisi bumi baik udara maupun air juga termasuk sifat fisik bumi.

Geologi yang bersifat dinamik adalah ilmu yang mempelajari tentang sifat bumi yang dinamik. Geologi jenis ini mempelajari tentang berbagai macam gaya yang ditimbulkan oleh perut bumi. Gaya yang ditimbulkan perut bumi misalnya saja gempa bumi, gunung meletus dan juga letusan gunung berapi. Secara mudahnya geologi dinamik ini mempelajari tentang pergerakan yang terjadi didalam bumi.

Contoh Penerapan Ilmu Geologi

Ilmu geologi ini tentunya diaplikasikan diberbagai macam bidang sehingga akan mempermudah kehidupan manusia. Semakin maju ilmu pengetahuan maka ilmu geologi ini akan semakin berkembang dan sangat diperlukan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Setelah memahami tentang sejarah dan pengertian geologi, berikut ini merupakan contoh aplikasi dalam kehidupan sehari-hari.

Geologi Teknik

Geologi teknik merupakan ilmu yang mempelajari tentang geologi yang terdapat di dalam bidang teknik. Geologi lingkungan adalah ilmu yang mempelajari hubungan antar manusia dengan lingkungan sekitar. Hidrologi adalah ilmu yang mempelajari tentang pemanfaatan air tanah. Ilmu ini juga mempelajari unsur pembentuk air yang terdiri dari berbagai macam.

Geologi Pertambangan

Geologi pertambangan adalah ilmu yang mempelajari tentang pembentukan material yang terkandung di dalam perut bumi. Ilmu ini juga mempelajari tentang pembentukan mineral yang mengendap di dalam bumi. Geologi pertambangan juga mempelajari material yang membentuk struktur bumi. Sehingga Anda akan tahu material apa saja yang terkandung di dalam struktur bumi.

Geologi Perminyakan

Geologi perminyakan merupakan ilmu yang mempelajari tentang lokasi dan juga kandungan minyak bumi. Dengan adanya ilmu geologi maka Anda akan lebih mudah dalam menentukan lokasi minyak bumi itu berada Ilmu ini juga mempelajari gas apa saja yang terkandung di dalam bumi. Ilmu ini juga mempelajari bagaimana asal mula bebatuan itu bisa terbentuk dan juga klasifikasi dari bebatuan.

Manfaat Ilmu Geologi

Dengan mengetahui berbagai macam pengertian geologi di dalam kehidupan nyata, maka kita akan tahu manfaat dari ilmu geologi. Berikut manfaat dari mempelajari ilmu geologi.

Mengenal Bumi dan Materialnya

Ilmu geologi memiliki manfaat dimana kita dapat mengetahui awal mula bumi ini terbentuk. Ilmu ini juga dapat mengetahui material yang membentuk struktur pembentuk kerak bumi maupun lautan. Dapat juga digunakan untuk menjelaskan karakteristik alam yang sangat bervariasi. Dapat mengetahui juga seberapa besar ukuran dan umur dari bumi itu sendiri.

Menemukan Lokasi Mineral dan Bebatuan

Ilmu geologi dapat membantu untuk menemukan lokasi mineral dan juga bebatuan yang berharga berada. Dapat membantu para tukang bangunan untuk mengetahui geologi suatu daerah sehingga bisa memilih material yang tepat. Dapat mengetahui letak sumber mata air yang tepat berdasarkan bebatuan yang ada. Lokasi sumber mata air dapat diketahui berdasarkan bebatuan tertentu.

Memprediksi Terjadinya Bencana

Ilmu geologi dapat membantu dalam memprediksi kapan terjadinya suatu bencana. Sehingga Anda bisa tahu kapan akan terjadinya bencana alam seperti gunung meletus. Hal tersebut dapat dilihat melalui tanda-tanda alam yang ada dengan menggunakan ilmu geologi. Dengan adanya prediksi yang tepat dapat mencegah terjadinya kerusakan yang cukup parah.

Dengan memadukan kecanggihan teknologi dan juga ilmu geologi maka akan membuat ilmu geologi akan semakin maju. Dengan majunya ilmu geologi maka akan semakin mudah dalam mengetahui tanda-tanda bencana alam. Dengan mengetahui tanda-tanda bencana secara dini, pihak-pihak terkait dapat menanggulangi bencana tersebut dengan baik.

Itulah ulasan tentang pengertian geologi beserta dengan sejarah singkat dan juga manfaatnya. Setelah mengetahui informasi tersebut maka Anda pasti tahu kalau ilmu geologi sangat penting untuk kehidupan. Dengan berbagai manfaat yang bisa kita dapatkan maka sudah seharusnya kita mempelajari ilmu geologi. Sehingga kita dapat menerapkan ilmu geologi ini ke dalam kehidupan sehari-hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here