Panduan Investasi Cara Menabung yang Benar dan Menguntungkan

Cara Menabung yang Benar dan Menguntungkan

49
0
Cara Menabung

Cara Menabung – Menabung merupakan salah satu kegiatan yang mungkin sudah biasa anda dengar dari sejak kecil sampai dewasa ini, kegiatan menabung sendiri dirasa begitu membosankan karena mau tidak mau setiap saat harus menyisihkan pendapatan kita untuk di kumpulkan dalam satu tempat.

Nah, agar kegiatan menabung jauh lebih bermanfaat dan uang anda benar-benar terkumpul, kami memiliki tips menabung dengan cara yang benar dan pastinya lebih menguntungkan.

Pada zaman modern seperti ini jelas kegiatan menabung sudah jarang sekali dilakukan oleh banyak orang dengan berbagai alasan klasik seperti selalu tergoda untuk membuka, kebutuhan mepet, sulit menyisihkan sisa uang bulanan atau kebutuhan hidup yang lebih tinggi.

Dari berbagai alasan yang sudah kami sebutkan diatas, tentu masih banyak alasan lain yang mendasari anda sulit sekali untuk menabung.

Perlu untuk anda ketahui, rajin menabung merupakan salah satu sifat dari orang yang mau disiplin dan menghargai usaha mereka dalam mencari penghasilan, entah berapapun pendapatan yang hari ini anda peroleh, setidaknya anda sisihkan beberapa persen untuk ditabung.

Cara Menabung yang Benar dan Manfaatnya Untuk Masa Depan

Manfaat dari menabung ini sangatlah banyak terlebih lagi bagi anda yang masih muda sekarang ini, nah ada baiknya kalau anda lihat dulu manfaat menabung di usia muda sebelum anda menyesal di kemudian hari.

Memang benar masa muda itu masa paling merdeka untuk anak-anak milenial zaman sekarang, tetapi kalau anda sendiri tidak bisa mawas diri dan disiplin dalam pengeluaran tentu bisa membuat masa depan anda suram kedepannya.

1. Belajar mengontrol pengeluaran

Manfaat menabung yang pertama adalah secara tidak langsung anda sudah bisa mengontrol pengeluaran dari pendapatan anda selama 1 bulan ini.

Khusus bagi pelajar dan mahasiswa yang masih ditanggung orang tua tentu juga harus bisa menyisihkan sedikit uang saku untuk di tabung, sehingga diwaktu orang tua tidak memiliki uang maka anda bisa memakai uang tabungan terlebih dahulu.

Pada intinya kegiatan menabung itu sebenarnya lebih ke cara kita mengontrol pengeluaran dengan rapi, hemat dan tidak berfoya-foya. Biaya hidup anda bukan hanya di hari itu saja, masih banyak kebutuhan dan biaya hidup di masa depan.

2. Menyediakan dana darurat

Pernah saya memiliki seorang teman yang statusnya masih mahasiswa, dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari masih mengandalkan uang dari orang tua baik untuk uang saku maupun uang kos-kosan.

Uang saku perbulan mencapai 2.5 juta yang artinya sebagai seorang mahasiswa itu sudah lebih dari cukup untuk makan, mengerjakan tugas dan lain-lain sebagainya.

Tetapi apa yang terjadi?

Karena gaya hidup yang terlalu berfoya-foya, hingga suatu saat dia jatuh sakit tidak memiliki uang sama sekali dan harus meminjam uang ke teman-temannya untuk berobat.

Lantas bagaimana dengan orang tuanya?

Tidak semua orang tua selalu memiliki uang di saat kondisi mendadak. Nah dengan adanya pengalaman seperti ini mungkin anda bisa mengambil kesimpulan bahwa menabung itu sangatlah penting terutama di masa depan, dana darurat biasanya juga selalu datang tiba-tiba jadi siap atau tidak anda harus bisa melewatinya.

3. Belajar menjadi pribadi disiplin

Uang bukanlah segalannya, namun memiliki uang adalah hal utama untuk menyambung kehidupan anda baik dimasa muda ataupun ketika sudah berumah tangga nantinya.

Tidak menutup kemungkinan akan ada banyak sekali kebutuhan yang harus dikeluarkan ketika anda sudah mulai berumah tangga, mulai dari biaya pendidikan anak, tagihan-tagihan, kebutuhan hidup, dll. Nah ini yang perlu anda pikirkan, menabung akan mengajarkan kita sebagai pribadi yang disiplin akan hidup yang jauh lebih baik.

Sekilias kalau anda melihat manfaat dari manabung yang sudah kami utarakan diatas mungkin saat ini ada rasa penyesalan kenapa tidak dari dulu memulainya, menurut kami penyesalan itu bisa diperbaiki dengan memulai dari awal terutama di hari ini juga.

Nah kalau anda sudah ada niat untuk menabung, kami kasih tahu tips keren menabung yang benar dan pasti menguntungkan.

Cara Menabung Yang Benar dan Menguntungkan

1. Tabungan deposito

Salah satu cara menabung yang benar adalah melalui bank dengan membuka tabungan deposito, tabungan deposito ini adalah tabungan jangka pendek yang memberikan return atau keuntungan dari nilai suku bunga yang anda pilih.

Kami menyarankan untuk mengambil deposito selama 3 bulan dengan bunga 3.55% yang artinya ketika menabung 10 juta akan mendapatkan sekitar 30.000 lebih, jauh lebih baik menabung di deposito di bandingkan tabungan biasa di mesin atm.

Kelebihan tabungan ini adalah tidak bisa diambil selama 3 bulan atau waktu yang sudah ditetapkan, jadi anda bisa menabung secara maksimal.

2. Menabung emas

Emas bukan lagi sesuatu yang mewah melainkan suatu kebutuhan yang mungkin sekarang sudah wajib untuk anda miliki, tetapi saya hanya memiliki uang 100 ribu apakah bisa menabung emas ?

Sangat bisa, anda hanya tinggal datang ke Pegadaian dan membuka tabungan emas, awal pembelian emas di patok dengan harga 6 ribu saja.

Sekarang anda hanya tinggal menyisihkan setiap bulannya sesuai dengan kemampuan dan di belikan tabungan emas, menabung dengan cara seperti ini akan terhindar dari inflasi sehingga nilai tabungan anda tetap akan terjaga.

Sedangkan emas sendiri sebenarnya merupakan sistem investasi yang setiap waktu mengalami kenaikan secara stabil.

3. Menabung di koperasi

Bagi anda yang masih pelajar atau mahasiswa bisa menabung lewat koperasi lingkungan yang terkadang setiap desa memiliki koperasi sendiri-sendiri. silahkan cari tahu mengenai suku bunga tahuhan yang diberikan oleh koperasi desa, jika cocok anda bisa mengikutinya.

Cukup dengan mulai tabungan 200 ribu, anda sudah menjadi anggota koperasi dan wajib setiap bulan menyetor sesuai dengan kemampuan menabung.

Kami kasih contoh, untuk koperasi di daerah kami memberikan suku bunga yang besar sekitar 25%, artinya kalau anda menabung sekitar 20.000.000 maka ketika pembagian SHU (Sisa Hasil Usaha) bisa mendapatkan SHU bersih sekitar 4.5 – 5 juta rupiah, bunga ini jauh lebih besar di bandingkan bunga yang diberikan oleh bank.

4. Memakai aplikasi tabungan

Memakai aplikasi untuk menabung adalah cara seru agar anda tidak bosan untuk terus menyisahkan pendapatan anda setiap bulannya, aplikasi menabung ini bukan sebagai tempat menaruh tabungan tetapi sebagai kalkulator tabungan anda sepanjang waktu.

Sekarang bukanlah lagi zamannya jangan melihat tabungan biar tidak diambil, tetapi semakin sering kita melihat jumlah tabungan di aplikasi tentu ada rasa semangat sendiri untuk terus meyisihkan uang setiap bulannya. Ini merupakan cara ampuh agar anda bisa menabung.

Kesimpulan:

Informasi mengenai cara menabung yang benar dan menguntungkan ini merupakan tips yang bisa anda pakai sebagai langkah awal untuk memulai hidup yang lebih hemat, pengeluaran terkontrol dan gaya hidup yang lebih baik lagi. Menabung bukan hanya soal mengumpulkan uang, tetapi akan merubah pola pikir kita ke hidup yang lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here