Home Blogging Maniak Menulis, Blog yang Menginspirasi Tanpa Basa Basi

Maniak Menulis, Blog yang Menginspirasi Tanpa Basa Basi

113
2
Maniak Menulis

Entah sudah berapa lama saya sering berkunjung ke blog Maniak Menulis. Blog maniak menulis merupakan salah satu blog milik kang Anton Ardyanto yang juga merupakan pemilik dari blog Lovely Bogor yang sangat terkenal di kalangan blogger Indonesia.

Blog ini sebenarnya sama seperti blog pada umumnya. Berisi postingan yang di dalamnya terdapat tulisan dan gambar. Topiknyapun bisa dibilang topik yang sudah banyak digunakan oleh para blogger seperti tutorial ngeblog, inspirasi, monetisasi dan beberapa artikel lainnya tentang blogging.

Namun ada satu hal yang buat saya sangat tertarik dengan blog ini. Yaitu, postingan dalam blog ini cenderung frontal tanpa basa basi.

Ketika para blogger (termasuk saya) menulis dengan mengutamakan SEO maka lain halnya dengan blog kang Anton Ardyanto.

Beliau lebih mengutamakan passion dalam menulis tanpa memandang teknik SEO apapun. Hal ini yang menurut saya pantas untuk ditiru oleh para blogger saat ini.

Menulis dengan passion atau keinginan lebih baik daripada menulis hanya demi mengejar SEO. Sebenarnya tidak ada yang salah dalam anggapan kang Anton Ardyanto maupun para blogger lain.

Tapi bagi saya sendiri pandangan dari kang Anton Ardyanto ini pantas untuk kita tiru.

Ada kata-kata yang saya suka dari salah satu artikel yang ditulis kang Anton Ardyanto tentang 6 Kiat Agar Tetap Banyak Ide Untuk Ditulis Di Blog:

Abaikan omongan orang lain: Contohnya, seperti ngeblog harus menulis panjang lebar, harus pakai SEO, harus promosi, dan bla bla bla bla.
Yang seperti itu abaikan saja. Yang menulis bukan Tuhan. Juga bukan pemerintah yang bisa membuat peraturan untuk memaksa. Mereka cuma manusia biasa saja, yang dalam salah satu sisi sama dengan saya. Sama-sama blogger.

Ya, itulah kata-kata kang Anton Ardyanto yang frontal dan yang saya suka.

Para blogger (termasuk saya) memang kebanyakan lebih menjadi blogger pengikut. Ketika melihat panduan blogger yang dirasa menarik, langsung ikut tanpa berpikir panjang.

Jujur saja, saya seringkali berkunjung ke blog lain (bukan blog walking) ketika sedang mencari referensi tentang perkuliahan ataupun tentang tips dan trik mengenai teknologi dan pengetahuan.

Kebanyakan dari blog-blog tersebut lebih mengutamakan SEO, salah satunya yaitu panjang artikel.

Saya tidak masalah dengan panjang ataupun pendek artikel yang dibuat, tapi yang penting adalah informasi yang saya cari cenderung terlalu panjang dan tidak berbobot.

Bukannya betah membaca, malah langsung keluar tanpa dapat manfaat dan hanya jengkel yang ada.

Saya paham maksud dari panjang artikel yang SEO. Tapi menurut saya akan lebih baik jika kita menulis dengan mengutamakan informasi entah itu panjang ataupun pendek.

Menurut saya berdasarkan apa yang saya sering baca, blog maniak menulis lebih mengutamakan informasi bukan panjang ataupun pendek.

Hal itulah yang buat saya betah berlama-lama dengan blog tersebut. Tulisan yang frontal tanpa basa basi namun tetap memberikan informasi inilah yang menurut saya sangat baik.

Dan apakah saya menggunakan teknik SEO dalam tulisan ini?

Hmm, Anda yang berhak menilainya. Saya terima apapun komentar Anda hehe.

Yang menjadi pertanyaan, apakah blog seperti ini tetap nangkring di search engine google?

Jawabannya:

Tentu saja! Bahkan banyak artikel blog ini yang nangkring di halaman pertama google. Salah satunya seperti artikel yang ada pada gambar di bawah ini.

Maniak Menulis

Kenapa saya menyukai prinsip kang Anton Ardyanto?

Karena saya juga pernah mengelola blog tanpa penerapan SEO apapun hanya menulis dan berusaha memberikan informasi. Tapi pengunjung dan alexa rank blog tersebut meningkat tajam.

Terus, apakah Anda harus menerapkan cara ini atau dengan teknik SEO?

Jawabannya.

Anda bebas berkreasi, mau pakai, tidak, ataupun mau di gabungkan itu hak Anda. Jadi itulah beberapa hal yang buat saya betah mengunjungi blog maniak menulis.

Bagaimana menurut kalian tentang blog tersebut? Yuk berikan pandangan kalian melalui kolom komentar di bawah ini.

2 COMMENTS

  1. Kreatif memang menjadi salah satu pembeda dari yang lainnya
    jika hasil yang di ciptakan berkualitas
    pasti mendapatkan untung yang maksimal

    • Bener banget gan, kadang kita memang harus berbeda agar bisa terlihat. Begitu juga kualitas harus diutamakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here